NPM : 16209607
KELAS : 4EA12 (PENGULANGAN KELAS SOFTSKILL)
PERILAKU KONSUMEN
BAB 1
1. Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen?
Perilaku konsumen merupakan
tindakan–tindakan yang terlibat secara langsung dalam memperoleh, mengkonsumsi,
dan membuang suatu produk
atau jasa,
termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan – tindakan
tersebut.
2. Pemikiran yang benar tentang konsumen
Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam
masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun
makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Jika tujuan
pembelian produk tersebut untuk dijual kembali, maka dia disebut pengecer
atau distributor.
3. Penelitian konsumen sebagai suatu bidang yang dinamis
Konsumen merupakan sosok individu
atau kelompok yang mempunyai peran urgent bagi perusahaan. Hal ini
disebabkan keberadaan konsumen mempunyai akses terhadap eksistensi produk di
pasaran sehingga semua kegiatan perusahaan akan diupayakan untuk bisa
memposisikan produk agar dapat diterima oleh konsumen, Eksistensi kebutuhan
yang sifatnya heterogen kemudian menjadi dasar bagi konsumen untuk melakukan
tindakan pemilihan atas tersedianya berbagai alternatif produk, Tindakan
konsumen itu sendiri merupakan suatu refleksi dari rangkaian proses tahapan
pembelian dimana implikasi atas tindakannya tersebut akan mengantarkan pada
suatu penilaian bahwa produk dapat diterima oleh pasar atau justru terjadi
penolakan oleh pasar (Mabruroh, 2003).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.