Nama : Nurlina Sari
Npm : 16209607
Kelas : 3EA12
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Pemasaran
Di
dalam dunia perekonomian yang modern, khususnya perusahaan yang
memproduksi barang dan jasa maupun perusahaan perdagangan, masalah
utama yang sering dihadapi adalah usaha untuk menyalurkan atau
memasarkan barang dan jasa yang diperdagangkan atau dihasilkan itu
kepada pihak-pihak pembeli atau konsumen yang membutuhkan. Untuk dapat
berhasilnya penyaluran atau pemasaran barang dan jasa tersebut
diperlukan suatu ilmu atau cara yang terbaik dan itulah yang kita sebut
dengan pemasaran atau marketing.
Namun
istilah marketing yang berasal dari kata market (pasar), tidaklah
sederhana pengertiannya. Marketing tidak hanya meliputi dunia pasar saja
tetapi lebih dari itu. Marketing membahas segala soal yang hidup dalam
masyarakat perusahaan. Untuk sebagian besar marketing meliputi
organisasi pasar dalam arti seluas-luasnya bukan hanya mengenai produk
barang-barang jasa tetapi juga mengenai produk jasa.
Berikut
ini penulis memberikan definisi yang dikemukakan oleh para ahli
pemasaran, maksudnya agar dapat diberikan pengertian yang jelas dari
arti pemasaran itu.
Drs.
Basu Swasta D. H. MBA (1992: 72) secara sederhana memberikan
definisinya sebagai berikut: “Marketing adalah suatu kegiatan yang
menggerakkan aliran barang dan jasa dari pihak produsen ke pihak
konsumen atau pemakai.
”Menurut
William J. Stanton (1994: 34), “Marketing adalah suatu sistem
keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan
barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik pada pembeli yang ada
maupun kepada pembeli potensial.”
Menurut Philip Kotler (1996: 98), “Marketing adalah penganalisaan,
perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program-program yang ditujukan
untuk meng-adakan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud
mencapai tujuan organisasi.”
Dari
definisi tersebut di atas dapatlah diambil kesimpulan bahwa Marketing
merupakan pencapaian tujuan organisasi dan tujuan perusahaan serta
kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan proses penyampaian barang dan
jasa mulai dari produksi sampai kepada pemakai akhir (konsumen).
Dengan
demikian kegiatan pemasaran itu merupakan barang atau jasa yang
dihasilkan yang dapat disalurkan kepada pihak-pihak pembeli sehingga
tidak akan terjadi penumpukan yang berarti sia-sianya usaha tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.